saya adalah seorang nomaden yang hidupnya selalu berpindah pindah,dan saya sendiri tidak tahu sampai kapan dan dimana akan berakhir.......

Sabtu, 20 September 2008

antara Batak dan Jawa.................

Beberapa hari lalu saya sempat diingat kan lagi oleh temen yang juga tetanggaan disini tentang kejadian yang menimpa diri saya sekitar 5 tahun lalu...
ceritanya begini,pagi itu waktu saya buka pintu pagar kebetulan temen itu lewat, dia baru pulang kerja shift malam terus dia bertanya :
T ( temen ) : pak sampean itu dari medan ya ???
S ( saya ) : ha ha anda orang kesekian ratus yang mengira saya orang batak,,,enggak saya dari jawa timur ,tepatnya sidoarjo kenapa pak ?? ( saya balik bertanya )
T : ah nggak mungkin pasti bapak ato ibunya dari batak ya ,ato ada keturunan dari batak pasti
S: ( dalam hati saya "ngeyel bener ini orang ,udah nanya dijawab ngga percaya lagi ) ,,ngga ada kok pak bener bapak ibu saya dari jawa timur semua
T: oooo kok kayak orang batak
S: !!!!??????!@#?

Saat itu saya langsung teringat kejadian 5 tahun yang lalu persis seperti itu cuman kejadiannya di airport Soekarno Hatta,CGK dan saya masih ingat betul kejadian tersebut.Waktu itu hari Kamis bertepatan ada libur ( tgl merah ) jumat ama senin jadi long weekend gitu,saya berencana mau balik ke surabaya naik pesawat tapi apa lacur semua tiket habis tinggal Garuda itupun mahal banget waktu itu,akhirnya saya putuskan kembali tidak jadi naik pesawat..
nah saat akan meninggalkan airport waktu itu saya bertemu dengan bapak bapak ( yang berwajah batak ) yang berkerumun terus nyamperin saya ;
B ( bapak bapak berwajah batak ) : Lai mau kemana,Medan ya??? ( dengan logat batak yang masih kental gitu )
S ( saya,orang jawa ) : engga pak saya mau ke surabaya
B : Kukira mau ke Medan,sudah dapat tiket belum ??
S: Belum semua habis tinggal Garuda itupun mahal banget,saya mo naik kereta aja
B: ( bapak tadi spontan bertanya ke saya ) Lai kao pasti ada keturunan medan ya,marga kao apa lai ??
S: Ngga ada pak bener saya ini asli jawa lahir di Surabaya
B: Ach kao jangan bohong sama aku lai,pasti ada ...lah entah bapak kao ato ibu kao,bisa bahasa batak nggak kao lai???
S: pak saya ngga bisa pak,lha wong saya orang jawa kok
B: Itulah anak sekarang kalo sudah jauh dari rantau lupa bahasa aslinya
S: ( saya tambah bingung aja waktu itu///) ngga ada turunan bataknya saya pak
B: Sudahlah ngaku aja ,apa marga kao lai
S: ( tahu ngga akhirnya saya "ngalah" asal sebut marga orang batak yang aku ingat waktu itu ) ya deh pak Nainggolan
B: Nahhh bhetul kan aku bilang !!!!! kao pasti punya marga dan itu lebih tua dari marga aku ,jadi kao masih sodara tua aku.sekarang aku coba carikan tiket buat kao lai...( dia terus manggil anak buahnya lantas disuruhnya menyebar mencari tiket buat aku ) ,kao tunggu aku disini lai jangan kemana mana ya
S: OK pak.
tak lama berselang bapak tadi datang menghampiri saya :
B: Lai,ini tiket ( lion air ) kao untuk ke surabaya tapi namanya nama orang lain nanti cek in nya biar aku aj
S : wah terima kasih banyak ya pak,berapa harus saya bayar??
B: untuk kao 300 000 aja
S : ( wah beruntung sekali saya waktu itu padahal tiket lainnya diatas harga itu semua,karena long weekend) Terima kasih pak ini uangnya,( sambil saya serahkan enam lembar 50 ribuan ke bapaknya)
B : Ok lai hati hati ya ,salam buat Bapak kao
S : OK saya sampaikan nanti,makasih pak ( sambil ngeloyor saya pergi meninggalkan bapak tadi tanpa ingat bertanya siapa namanya,siapa tahu nanti perlu dia he he he h).
Setelah sampe rumah saya ceritakan semua ke bapak saya ,sampai beliau tertawa terbahak bahak...

Itu salah satu kejadian yang ngga pernah saya lupa apalagi kalo pas ke airport Soekarno Hatta,dan memang setiap berkenalan dengan orang baru pasti dikira saya ini orang batak,bahkan waktu interview di persh oil and gas di Indonesia sempat ditanyakan hal itu dan lagi lagi saya jawab " bukan saya asli jawa "...sampe saya berpikir apa perlu ya didada saya pasang tulisan " SAYA ASLI JAWA "................biar semua orang tahu kalo saya orang Jawa he he

1 komentar:

mj2806 mengatakan...

kan skarang lain...
udeh jadi orang gurun..
mantap...
uhui...